1 Timotius 3:1--6:10
Syarat-syarat bagi penilik jemaat
3:1 Benarlah perkataan ini:
"Orang yang menghendaki jabatan penilik
jemaat
1 menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat
2 ,
suami dari satu isteri,
dapat menahan diri,
bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan,
cakap mengajar
orang,
3:3 bukan peminum
3 ,
bukan pemarah
melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,
3:4 seorang kepala keluarga yang baik
4 , disegani dan dihormati
oleh anak-anaknya.
3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat
Allah?
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong
dan kena hukuman
Iblis.
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik
5 di luar jemaat,
agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
Syarat-syarat bagi diaken
3:8 Demikian juga diaken-diaken
6 haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur
7 ,
jangan serakah,
3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani
yang suci.
3:10 Mereka juga harus diuji
dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat.
3:11 Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah,
hendaklah dapat menahan diri
dan dapat dipercayai dalam segala hal.
3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri
dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.
3:13 Karena mereka yang melayani dengan baik beroleh kedudukan yang baik sehingga dalam iman kepada Kristus Yesus mereka dapat bersaksi dengan leluasa.
Jemaat Allah, dasar dan penopang kebenaran
3:14 Semuanya itu kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau.
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat
dari Allah
yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran
8 .
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia
ibadah
kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia,
dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa
yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.
"
Tugas Timotius dalam menghadapi pengajar sesat
4:1 Tetapi Roh
dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian,
ada orang yang akan murtad
9 lalu mengikuti roh-roh penyesat
dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap
mereka.
4:3 Mereka itu melarang orang kawin,
melarang orang makan makanan
yang diciptakan
Allah supaya dengan pengucapan syukur
dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik
dan suatupun tidak ada yang haram,
jika diterima dengan ucapan syukur,
4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah
dan oleh doa.
4:6 Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman
kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti
selama ini.
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng
nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal,
karena mengandung janji, baik untuk hidup ini
maupun untuk hidup yang akan datang.
4:9 Perkataan
ini benar dan patut diterima sepenuhnya.
4:10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah
yang hidup, Juruselamat semua manusia,
terutama mereka yang percaya.
4:11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu.
4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah
karena engkau muda. Jadilah teladan
10 bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu
dan dalam kesucianmu.
4:13 Sementara itu, sampai aku datang
bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci,
dalam membangun dan dalam mengajar.
4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat
dan dengan penumpangan tangan
sidang penatua.
4:15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.
4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan
dirimu dan semua orang yang mendengar engkau
11 .
Mengenai saudara-saudara seiman
5:1 Janganlah engkau keras
terhadap orang yang tua,
melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda
sebagai saudaramu,
5:2 perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.
Mengenai janda
5:3 Hormatilah janda-janda yang benar-benar janda.
5:4 Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek
mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.
5:5 Sedangkan seorang janda yang benar-benar janda,
yang ditinggalkan seorang diri, menaruh harapannya kepada Allah
dan bertekun dalam permohonan dan doa
siang malam
12 .
5:6 Tetapi seorang janda yang hidup mewah dan berlebih-lebihan, ia sudah mati selagi hidup.
5:7 Peringatkanlah hal-hal ini
juga kepada janda-janda itu agar mereka hidup dengan tidak bercela.
5:8 Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad
dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.
5:9 Yang didaftarkan
13 sebagai janda, hanyalah mereka yang tidak kurang dari enam puluh tahun, yang hanya satu kali bersuami
5:10 dan yang terbukti telah melakukan pekerjaan
yang baik, seperti mengasuh anak, memberi tumpangan,
membasuh kaki
saudara-saudara seiman, menolong orang yang hidup dalam kesesakan
--pendeknya mereka yang telah menggunakan segala kesempatan untuk berbuat baik.
5:11 Tolaklah pendaftaran janda-janda yang lebih muda. Karena apabila mereka sekali digairahkan oleh keberahian yang menceraikan mereka dari Kristus, mereka itu ingin kawin
5:12 dan dengan memungkiri kesetiaan mereka yang semula kepada-Nya, mereka mendatangkan hukuman atas dirinya.
5:13 Lagipula dengan keluar masuk rumah orang, mereka membiasakan diri bermalas-malas dan bukan hanya bermalas-malas saja, tetapi juga meleter
dan mencampuri soal orang lain
dan mengatakan hal-hal yang tidak pantas.
5:14 Karena itu aku mau supaya janda-janda yang muda kawin
lagi, beroleh anak, memimpin rumah tangganya dan jangan memberi alasan kepada lawan untuk memburuk-burukkan
nama kita.
5:15 Karena beberapa janda telah tersesat mengikut Iblis.
5:16 Jika seorang laki-laki atau perempuan yang percaya mempunyai anggota keluarga yang janda, hendaklah ia membantu mereka sehingga mereka jangan menjadi beban bagi jemaat. Dengan demikian jemaat dapat membantu mereka yang benar-benar janda.
Beberapa petunjuk dan nasihat lagi
5:17 Penatua-penatua
yang baik pimpinannya
14 patut dihormati
dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.
5:18 Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik,
" dan lagi
"seorang pekerja patut mendapat upahnya."
5:19 Janganlah engkau menerima tuduhan atas seorang penatua
kecuali kalau didukung dua atau tiga orang saksi.
5:20 Mereka yang berbuat dosa hendaklah kautegor
di depan semua orang
15 agar yang lain itupun takut.
5:21 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus
dan malaikat-malaikat pilihan-Nya kupesankan dengan sungguh kepadamu: camkanlah petunjuk ini tanpa prasangka dan bertindaklah dalam segala sesuatu tanpa memihak.
5:22 Janganlah engkau terburu-buru menumpangkan tangan
16 atas seseorang dan janganlah terbawa-bawa ke dalam dosa orang lain.
Jagalah kemurnian
dirimu.
5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur
sedikit
17 , berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
5:24 Dosa beberapa orang menyolok, seakan-akan mendahului mereka ke pengadilan, tetapi dosa beberapa orang lagi baru menjadi nyata kemudian.
5:25 Demikianpun perbuatan baik itu segera nyata dan kalau tidak demikian, ia tidak dapat terus tinggal tersembunyi.
6:1 Semua orang yang menanggung beban perbudakan
18 hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan,
agar nama Allah dan ajaran kita jangan dihujat
orang.
Mengenai penyakit bersilat kata dan mengenai cinta uang
6:2 Jika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara
dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi, karena tuan yang menerima berkat pelayanan mereka ialah saudara yang percaya dan yang kekasih.
(6-2b) Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini.
6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain
dan tidak menurut perkataan sehat
--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah
19 kita,
6:4 ia adalah seorang yang berlagak tahu
padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata,
yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga,
6:5 percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat
20 dan yang kehilangan kebenaran,
yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.
6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup,
memberi keuntungan
besar
21 .
6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah
22 .
6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya
terjatuh ke dalam pencobaan
23 , ke dalam jerat
dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang.
Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman
dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.
1 Full Life: ORANG YANG MENGHENDAKI JABATAN PENILIK JEMAAT.
Nas : 1Tim 3:1-7
Untuk pembahasan tentang syarat-syarat menjadi penilik jemaat atau
gembala
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
2 Full Life: SEORANG YANG TAK BERCACAT.
Nas : 1Tim 3:2
Seorang calon penilik jemaat harus "tak bercacat" (Yun.
_anepilemptos_, secara harfiah berarti "bukan untuk dipegang"). Hal ini
berhubungan dengan perilaku yang sudah terbukti benar, yang tak bercacat
dalam kehidupan pernikahan, rumah tangga, sosial, dan usaha. Seorang
penilik jemaat sebaiknya jangan sampai dituntut telah melakukan kemesuman
atau perbuatan yang tidak senonoh. Sebaliknya, dia harus mempunyai reputasi
tidak bercela di hadapan orang yang di dalam dan di luar gereja
(lihat cat. --> 1Tim 3:7),
[atau ref. 1Tim 3:7]
karena kehidupan Kristennya tidak dirusaki oleh dosa atau kemesuman karena
kebiasaan atau kebetulan. Dengan demikian ia dapat menjadi teladan yang
akan diikuti oleh semua
(lihat cat. --> 1Tim 4:12).
[atau ref. 1Tim 4:12]
3 Full Life: BUKAN PEMINUM.
Nas : 1Tim 3:3
Frasa ini (Yun. _me paroinon_, dari _me_, berarti "tidak" dan
_paroinos_, kata majemuk yang berarti "pada, dengan, dekat anggur") yang
diterjemahkan harfiah "tidak dekat atau dengan anggur," "tidak bersama
dengan anggur". Di sini Alkitab menuntut bahwa seorang penilik jemaat tidak
boleh "duduk di samping anggur" atau "dengan anggur". Dengan kata lain, ia
tidak boleh minum anggur yang memabukkan, tergoda atau terbujuk olehnya,
atau "makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk" (Mat 24:49).
- 1) Pertarakan total dari anggur yang difermentasi merupakan peraturan
bagi para hakim dan raja dalam PL (Ams 31:4-7). Peraturan ini juga
berlaku bagi semua orang yang mencari pengabdian tingkat tertinggi
kepada Allah (Im 10:8-11; Bil 6:1-5; Hak 13:4-7; 1Sam 1:14-15;
Yer 35:2-6; lih. Ams 23:31;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA
di mana akhirnya peraturan ini berlaku bagi seluruh umat Allah; bd.
Bil 6:3 dst).
- 2) Mereka yang menjadi pemimpin jemaat Kristus tak mungkin mempunyai
standar yang lebih rendah. Apalagi, semua orang percaya dalam gereja
disebut sebagai imamat yang rajani (1Pet 2:9; Wahy 1:6) dan dengan
demikian harus hidup sesuai dengan standar Allah yang tertinggi
(lihat cat. --> Yoh 2:3;
lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tes 5:6;
lihat cat. --> Tit 2:2;
[atau ref. Yoh 2:3; Ef 5:18; 1Tes 5:6; Tit 2:2]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).
4 Full Life: SEORANG KEPALA KELUARGA YANG BAIK.
Nas : 1Tim 3:4
Salah satu syarat kunci bagi seorang calon penilik jemaat adalah
kesetiaan dalam hubungan pernikahan dan keluarga. Untuk keterangan yang
lebih terinci
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
5 Full Life: JUGA MEMPUNYAI NAMA BAIK.
Nas : 1Tim 3:7
Seorang penilik atau calon penilik jemaat harus "mempunyai nama
baik" di dua kalangan:
(a) orang dalam, yaitu anggota gereja (ayat 1Tim 3:1-6) dan
(b) orang luar, yaitu orang di luar gereja (ayat 1Tim 3:7). Dia
harus memiliki reputasi dari dahulu dan sampai sekarang dari gaya
hidup benar yang sesuai dengan Injil Kristus.
6 Full Life: DIAKEN-DIAKEN.
Nas : 1Tim 3:8
Diaken (Yun. _diakonos_) berarti "seorang hamba". Salah satu fungsi
ditunjukkan dalam Kis 6:1-6. Mereka menolong gembala dengan mengurus
hal-hal jasmani dan bukan rohani dari gereja supaya gembala dapat
memusatkan diri pada doa dan pelayanan Firman (Kis 6:2). Syarat-syarat
rohani untuk jabatan diaken pada dasarnya sama dengan penilik dan gembala
(bd. ayat 1Tim 3:1-7 dengan ayat 1Tim 3:8-13; lih. Kis 6:3).
7 Full Life: JANGAN PENGGEMAR ANGGUR.
Nas : 1Tim 3:8
Mengenai syarat ini, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan (juga
lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. 1Tim 3:3]
- 1) Secara moral mustahil sang rasul mengizinkan penggunaan terbatas
dari segala jenis anggur yang ada pada masa itu. Banyak macam anggur
waktu itu adalah campuran yang berbahaya (bd. Ams 23:29-35).
- 2) Beberapa orang menafsirkan bahwa Paulus mengatakan bahwa seorang
diaken tidak boleh terbiasa mabuk, dan dengan demikian secara tidak
langsung menyetujui minuman alkohol sekadarnya. Akan tetapi, Paulus
menyatakan bahwa kemabukan adalah dosa yang begitu buruk sehingga
pemabuk dilarang masuk kerajaan Allah (1Kor 6:10). Karena itu tak
masuk akal bahwa rasul Paulus akan menuntut sebagai syarat bagi diaken
(bd. ayat 1Tim 3:2) bahwa diaken itu jangan seorang yang terbiasa
mabuk (yaitu orang yang belum diselamatkan). Pastilah Paulus bermaksud
arti yang lain untuk kata "anggur" dalam ayat ini, bukan anggur yang
memabukkan.
- 3) Paulus bukannya menyetujui minuman alkohol sekadarnya, ia malah
memberikan peringatan terhadap keinginan dan penggunaan yang
berlebih-lebihan dari anggur yang tidak difermentasi di antara kalangan
orang kafir
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).
Kecanduan akan anggur yang tidak memabukkan menjadi sifat buruk umum
dalam masyarakat kafir bersamaan dengan kerakusan (lih. Plinius, Natural
History, 14.28.139). Paulus sedang menekankan penguasaan diri dalam
seluruh aspek kehidupan ini, bahkan dalam hal yang baik; perhatikan
Ams 25:27, yang mengatakan bahwa "Tidaklah baik makan banyak madu."
- 4) Bukan rasul Paulus saja yang memberikan nasihat semacam ini.
Literatur para Rabi berisi peringatan tentang penggunaan
berlebih-lebihan sari buah anggur yang tidak difermentasi. Literatur ini
mengatakan mengenai tirosh, suatu sari anggur yang terdiri atas
"berjenis-jenis sari buah yang manis dan sama sekali tidak boleh ada
anggur yang difermentasi" (Tosef., Ned. IV.3), yang "jikalau diminum
secara terbatas memberikan kepemimpinan; ... jikalau diminum berlebihan
mendatangkan kemiskinan" (Yoma 76b). "Orang yang biasa meminumnya pasti
akan menjadi miskin" (The Jewish Encyclopedia 12.533;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1))
8 Full Life: JEMAAT ... TIANG PENOPANG DAN DASAR KEBENARAN.
Nas : 1Tim 3:15
Gereja harus menjadi dasar dari kebenaran Injil. Gereja meneguhkan
dan memelihara kebenaran yang dinyatakan oleh Kristus dan para rasul dengan
menerima serta menaatinya (Mat 13:23), menyimpannya dalam hati
(Mazm 119:11), memberitakannya sebagai Firman kehidupan (Fili 2:16),
membelanya (Fili 1:16), serta menunjukkan kuasanya dalam Roh Kudus
(Mr 16:15-20; Kis 1:8; 4:29-33; 6:8).
9 Full Life: ADA ORANG YANG AKAN MURTAD.
Nas : 1Tim 4:1
Roh Kudus dengan jelas telah menyatakan bahwa di waktu kemudian akan
muncul kemurtadan dari iman pribadi terhadap Kristus
(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI)
dan kebenaran Alkitab (bd. 2Tes 2:3; Yud 1:3-4).
- 1) Di dalam gereja akan muncul hamba-hamba Tuhan yang karunianya luar
biasa dan diurapi dengan heran oleh Allah. Ada yang akan melakukan
hal-hal yang luar biasa bagi Allah dan memberitakan Injil dengan
efektif, tetapi mereka akan murtad dari iman dan berangsur-angsur akan
mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran palsu. Karena urapan dan semangat
bagi Allah yang dahulu, banyak orang akan tersesat oleh mereka
(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
- 2) Banyak orang percaya akan murtad dari iman karena mereka gagal
mengasihi kebenaran (2Tes 2:10) dan melawan berbagai kecenderungan
yang berdosa pada akhir zaman (bd. Mat 24:5,10-12;
lihat cat. --> 2Tim 3:2;
lihat cat. --> 2Tim 3:3).
[atau ref. 2Tim 3:2-3]
Demikianlah, Injil yang sudah diputarbalikkan oleh para pendeta dan
pembina yang berkompromi akan mengalami sedikit perlawanan dalam banyak
gereja (1Tim 4:1; 2Tim 3:5; 4:3;
lihat cat. --> 2Kor 11:13).
[atau ref. 2Kor 11:13]
- 3) Popularitas ajaran-ajaran yang tidak alkitabiah terutama akan
disebabkan karena Iblis memimpin pasukan setan dalam perlawanan yang
lebih hebat terhadap pekerjaan Tuhan. Kedatangan Kristus yang kedua kali
akan didahului oleh peningkatan satanisme, spiritisme, okultisme,
kerasukan setan, dan penipuan setan dalam dunia dan dalam gereja
(Ef 6:11-12;
lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN; dan
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
- 4) Perlindungan orang percaya terhadap penipuan semacam itu meliputi
kesetiaan mutlak kepada Allah dan Firman-Nya yang terilham dan
pengetahuan bahwa orang dengan kharisma dan urapan dapat tertipu dan
kemudian menipu orang lain dengan campuran kebenaran dan kesalahan.
Kesadaran ini harus disertai kerinduan yang sungguh dalam hati seorang
percaya untuk melakukan kehendak Allah (Yoh 7:17) serta hidup dalam
kebenaran dan takut akan Allah (Mazm 25:4-5,12-15).
- 5) Orang percaya hendaknya jangan berpikir bahwa karena kemurtadan umum
terdapat di kalangan Kristen pada akhir zaman maka kebangunan rohani
yang sejati tak dapat terjadi atau pekabaran Injil menurut pola PB tidak
dapat berhasil. Allah telah berjanji bahwa "di hari-hari terakhir" Ia
akan menyelamatkan semua orang yang berseru kepada nama-Nya dan
memisahkan diri mereka dari angkatan yang rusak ini
(Kis 2:16-21,33,38-40; 3:19), dan mencurahkan Roh-Nya atas mereka.
10 Full Life: JADILAH TELADAN.
Nas : 1Tim 4:12
Ini merupakan salah satu syarat yang paling penting untuk seorang
pemimpin gereja. Kata Yunani yang diterjemahkan "teladan" adalah _tupos_
yang berarti "model", "gambar", "ideal" atau "pola". Seorang gembala
sidang, terutama, harus menjadi contoh dalam kesetiaan, kekudusan, dan
ketekunan dalam kesalehan. Jabatan penilik hanya boleh diisi oleh mereka
yang dari halnya gereja dapat mengatakan, "Orang ini telah menjalankan
hidup saleh yang layak dicontoh". Untuk keterangan selanjutnya mengenai hal
ini,
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT.
11 Full Life: KARENA DENGAN BERBUAT DEMIKIAN ENGKAU AKAN MENYELAMATKAN DIRIMU DAN SEMUA ORANG YANG MENDENGAR ENGKAU.
Nas : 1Tim 4:16
Menjalankan kehidupan yang kudus (ayat 1Tim 4:12), tetap peka
terhadap pekerjaan dan karunia Roh Kudus (ayat 1Tim 4:14), mengajarkan
ajaran yang benar (ayat 1Tim 4:13,15-16), memelihara iman
(1Tim 6:20; 2Tim 1:13-14;
lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA)
dan memperhatikan kehidupan rohani pribadi (ayat 1Tim 4:16) adalah
lebih dari sekadar tanggung jawab pelayanan bagi Timotius. Semuanya ini
penting bagi keselamatannya sendiri (yang seka-rang dan yang kemudian:
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN)
dan bagi mereka yang dilayani olehnya (bd. 2Tim 3:13-15).
12 Full Life: SEORANG JANDA ... BERTEKUN DALAM PERMOHONAN DAN DOA SIANG MALAM.
Nas : 1Tim 5:5
Para janda yang telah menyerahkan hidupnya kepada pekerjaan doa
perlu diperhatikan dan dibantu (apabila perlu) oleh gereja (ayat
1Tim 5:3). Kita diingatkan akan seorang janda bernama Hana yang "tidak
pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa
dan berdoa" (Luk 2:37). Kekristenan yang mula-mula menyebut janda
semacam itu "pendoa syafaat gereja", "penjaga pintu", dan "mezbah Allah".
13 Full Life: YANG DIDAFTARKAN.
Nas : 1Tim 5:9
Rupanya gereja di Efesus mempunyai daftar yang resmi dari
janda-janda yang berhak memperoleh sokongan materiel dari gereja (lih.
Ul 24:17). Di zaman PB gereja memberikan bantuan semacam itu karena
tidak ada bantuan atau uang pensiun dari pemerintah untuk janda yang tidak
ada keluarga atau anak untuk menolong mereka. Janda dituntut untuk
menunjukkan kemampuan rohani tertentu (ayat 1Tim 5:9-10), termasuk
ketekunan dalam melakukan perbuatan baik (ayat 1Tim 5:10) dan doa (ayat
1Tim 5:5).
14 Full Life: PENATUA-PENATUA YANG BAIK PIMPINANNYA.
Nas : 1Tim 5:17-19
Ayat-ayat ini berbicara tentang kehormatan yang layak diterima oleh
para penatua yaitu penilik yang memimpin dengan baik dan mengawasi
jiwa-jiwa orang percaya
(lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).
Mereka yang bekerja keras berkhotbah dan mengajar (bd. 1Kor 15:10;
1Tes 5:12-13) harus menerima kehormatan dua kali lipat. Yang
dimaksudkan ialah
- (1) membantu mereka dengan memberi tunjangan keuangan (bd.
1Kor 9:7-14) dan
- (2) tunduklah kepada mereka dalam hal perilaku Kristen
(Ibr 13:7; 1Pet 5:5).
15 Full Life: KAUTEGOR DI DEPAN SEMUA ORANG.
Nas : 1Tim 5:20
Firman Allah memberi berbagai prinsip dan pedoman berkaitan dengan
pelaksanaan disiplin terhadap penatua atau gembala (ayat 1Tim 5:20-22).
Karena para penatua yang saleh perlu sekali bagi gereja, tindakan-tindakan
berikut harus diambil bila seorang gembala atau pekerja gereja berbuat dosa
dan dosa itu telah dibuktikan (ayat 1Tim 5:19).
- 1) Seorang penatua tidak boleh menutupi atau berdiam diri tentang dosa
yang dilakukan penatua lain. Penatua yang bersalah itu harus "ditegor"
dan didisiplin. Dosanya harus disingkapkan "di depan semua orang",
supaya penatua yang lain "takut" dan tidak mau berbuat dosa.
- 2) Paulus mengingatkan bahwa tindakan disiplin harus dilaksanakan tanpa
pilih kasih atau tanpa memihak sebab sekali kelak semua akan berdiri "di
hadapan Allah, Yesus Kristus, dan malaikat-malaikat pilihan" (ayat
1Tim 5:21).
16 Full Life: JANGANLAH ENGKAU TERBURU-BURU MENUMPANGKAN TANGAN.
Nas : 1Tim 5:22
Paulus menegaskan beberapa hal mengenai pelantikan seorang penatua
(bd. 1Tim 4:14; Kis 6:6).
- 1) Tidak seorang pun yang boleh dilantik dengan terburu-buru untuk
jabatan ini. Artinya, sikap hati-hati yang pantas dan garis pedoman
alkitabiah harus ditaati dan dilaksanakan
(lihat cat. --> Tit 1:5;
[atau ref. Tit 1:5]
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
- 2) Melantik seseorang sebagai penatua adalah pernyataan umum kepada
gereja bahwa kehidupan orang itu telah memenuhi syarat Allah dalam hal
menekuni kesalehan seperti yang terdapat di 1Tim 3:1-7. Dengan kata
lain, orang yang hendak dilantik kepada suatu jabatan kepemimpinan harus
terkenal setia terhadap Tuhan selama mereka menjadi orang Kristen
- 3) Suatu jemaat yang melantik atau menetapkan seseorang kepada jabatan
kepemimpinan di dalam gereja dengan terburu-buru, yaitu dengan
mengabaikan garis pedoman Allah, menyebabkan jemaat itu "terbawa-bawa"
dalam dosa orang itu. Nasihat Paulus untuk "jaga kemurniaan dirimu",
berarti menolak untuk terlibat dalam memilih atau melantik orang yang
tidak layak untuk jabatan sebagai gembala.
17 Full Life: TAMBAHKANLAH ANGGUR SEDIKIT.
Nas : 1Tim 5:23
Teks :
- 1) Dengan jelas tersirat dalam ayat ini bahwa biasanya Timotius tidak
meminum jenis-jenis anggur yang dipakai oleh orang Yahudi zaman PB
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).
Jikalau Timotius sudah biasa minum anggur, maka Paulus tidak perlu
menasihatkan dia untuk menggunakan sedikit anggur untuk maksud
pengobatan
(lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. 1Tim 3:3]
- 2) Timotius menderita gangguan perut, mungkin disebabkan oleh unsur
alkali dalam air di Efesus. Oleh karena itu, Paulus menganjurkan agar
Timotius menambahkan sedikit anggur pada air untuk menawarkan efek yang
berbahaya dari unsur alkali. Menurut tulisan Yunani kuno di bidang
pengobatan, anggur yang dipakai untuk mengobati perut sering tidak
memabukkan. Athenaeus mengatakan, "Biarlah dia minum anggur manis, yang
dicampur dengan air atau dihangatkan, terutama jenis anggur yang disebut
protropos (sari buah yang berasal dari buah anggur sebelum diperas),
yang baik untuk perut, karena anggur manis (oinos) tidak membuat kepala
terasa berat" (Athenaeus, Banquet 2.24; juga lih. Plinius, Natural
History, 14.18).
- 3) Karena menghormati rasul Paulus, Timotius akan menggunakan "sedikit
anggur" bila perlu, dan hanya untuk maksud pengobatan. Ia akan
menggunakannya sebagai perkecualian atas kebiasaannya bertarak. Mengutip
nasihat Paulus kepada Timotius untuk membenarkan minum anggur yang
memabukkan demi pemuasan keinginan pribadi berarti memutarbalikkan
maksud ayat ini.
18 Full Life: MENANGGUNG BEBAN PERBUDAKAN.
Nas : 1Tim 6:1
Lihat cat. --> Kol 3:22.
[atau ref. Kol 3:22]
19 Full Life: AJARAN YANG SESUAI DENGAN IBADAH.
Nas : 1Tim 6:3
Setiap berita yang tidak berasal dari Tuhan Yesus dan tidak disertai
panggilan yang sungguh-sungguh untuk hidup saleh dan kudus adalah injil
yang berbeda dari yang disajikan dalam PB.
20 Full Life: ORANG-ORANG YANG TIDAK LAGI BERPIKIRAN SEHAT.
Nas : 1Tim 6:5
Paulus kembali membicarakan guru-guru palsu (bd. pasal
1Tim 1:1-20), sambil memberi tahu Timotius apa yang seharusnya
penilaiannya tentang orang seperti itu. Ketidakacuhan pada masa kini
terhadap ajaran yang di luar Alkitab itu tidak bersifat rasuli dan
mengabaikan nasihat yang jelas dalam surat ini dan surat-surat PB lainnya
(bd. Gal 1:9).
21 Full Life: IBADAH ... MEMBERI KEUNTUNGAN BESAR.
Nas : 1Tim 6:6
Secara lahiriah para guru palsu di Efesus menjalankan "ibadah" untuk
memperoleh kekayaan berlimpah-limpah. Mereka didorong oleh keserakahan
sebagai motivasi yang pokok dan mengajar bahwa kekayaan mereka itu
menandakan bahwa Allah menyetujui pengajaran mereka.
22 Full Life: CUKUPLAH.
Nas : 1Tim 6:8
Orang percaya hendaknya merasa puas dengan kebutuhan pokok, yaitu
sandang, pangan, dan papan. Jikalau kebutuhan keuangan khusus timbul, kita
harus berharap kepada Allah untuk menyediakannya (Mazm 50:15), sementara
kita terus bekerja (2Tes 3:7-8), membantu orang yang memerlukan
pertolongan (2Kor 8:2-3), dan melayani Tuhan dengan pemberian menurut
kerelaan hati (2Kor 8:3; 9:6-7). Janganlah kita ingin menjadi kaya
(ayat 1Tim 6:9-11).
23 Full Life: MEREKA YANG INGIN KAYA TERJATUH KE DALAM PENCOBAAN.
Nas : 1Tim 6:9
Lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).